Imunisasi juga Penting untuk Usia Lanjut

 

Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, imunisasi diperlukan agar angka kematian akibat infeksi berkurang. Terutama karena banyak penyakit infeksi, seperti flu, saat ini begitu hebat menyerang manusia. Selain bayi dan anak-anak, imunisasi juga harus diberikan pada mereka yang berusia lanjut (lansia), di atas 65 tahun. Demikian disampaikan Pediatrician Siloam Hospitals Kebon Jeruk, dr. Jeffry Senduk, Sabtu (12/9). "Lansia juga harus diberikan imunisasi atau vaksinasi," ujar dr. Jeffry, Jakarta.

 

Menurutnya, pemberian vaksinasi pada lansia diperlukan karena saat memasuki usia 65 tahun daya tahan tubuh akan berkurang. Umumnya, saat usia lanjut, tubuh menjadi mudah terserang penyakit seperti flu, yang kemudian diikuti berbagai penyakit lainnya sehingga terjadi komplikasi. "Buat lansia, daya tahannya menjadi berkurang. Kalau kena kuman gampang sakit. Apalagi kalau sudah kena flu, bisa terjadi komplikasi karena diikuti penyakit lainnya," terangnya.

 

Karena itu, imbuhnya, lansia perlu diberikan vaksinasi untuk memberikan kekebalan tubuh dan mencegah paparan penyakit.

 

Dr. Jeffry menyebut, setidaknya ada tiga vaksinasi yang dapat diberikan bagi lansia dengan dosis orang dewasa yakni, vaksin influenza, hepatitis A dan hepatitis B, serta pneumokokus. "Pemberian vaksinasi lansia, efektivitasnya bisa sampai 80-90 persen," ujarnya.

 

Sumber: Kompas 12 September 2009