WHO: Indonesia Peringkat Ketiga Pengidap Hepatitis

 

Indonesia menempati peringkat ketiga penderita hepatitis terbanyak di dunia setelah India dan China, dengan jumlah penderita diperkirakan 30 juta orang mengidap hepatitis B dan C. "Dan setengahnya diduga memiliki penyakit liver kronis, dimana 10 persen di antaranya menjadi kanker liver," kata Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Adhitama dalam jumpa pers di Kementerian Kesehatan di Jakarta, Senin.

 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan lebih dari dua miliar penduduk dunia terinfeksi hepatitis B dengan angka kematian 250 ribu orang per tahun dan 170 juta penduduk dunia mengidap hepatitis C dengan tingkat kematian 350 ribu orang per tahun.

 

Indonesia adalah negara dengan tingkat endemisitas Hepatitis B tinggi yaitu lebih dari 8 persen, di mana 1,5 juta orang Indonesia berpotensi mengidap kanker hati.

 

"Kita memerlukan upaya global untuk pencegahan dan pengobatan hepatitis yang komprehensif," ujar Tjandra. Indonesia, disebut Tjandra, telah mulai memantau penyakit hepatitis sejak lama melalui upaya pengendalian penyakit mulai dari upaya promotif, preventif, dan kuratif, di antaranya lewat imunisasi hepatitis untuk bayi sejak 1997.

 

Sumber: Antara 25 Juli 2011