Menkes Jamin Vaksin DBD Aman

 

Meski dari tahun ke tahun angka kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) menunjukkan penurunan, langkah pencegahan terus dilakukan pemerintah. Salah satunya dengan uji coba vaksin Demam Berdarah Dengue di tiga kota yakni Jakarta, Bandung dan Bali.

 

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan bahwa uji coba vaksin DBD tersebut telah diberikan ke sekitar 2.000 anak di tiga kota di Indonesia belum lama ini. Dan saat ini sudah memasuki tahap ketiga, yang juga dilangsungkan serentak di lima negara ASEAN (Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Malaysia). "Kalau soal amannya, tidak akan pernah bisa suatu vaksin dicobakan dalam tahap ketiga, kalau tidak terjamin keamanannya," tuturnya saat ditemui di Gedung Kementerian Kesehatan, Jumat (10/6/2011) kemarin.  

 

Menurut Menkes, tujuan uji coba vaksin DBD tersebut adalah untuk melihat apakah anak-anak yang diberi vaksin dengan yang tidak angka kejadian demam berdarahnya sama atau tidak. "Artinya vaksinnya mempunyai daya untuk melindungi atau tidak," imbuhnya. Apabila vaksin tersebut terbukti efektif, maka dalam waktu lima tahun ke depan, vaksin siap diedarkan.

 

Sumber: Kompas 11 Juni 2011