Orang Dewasa tetap Membutuhkan Imunisasi
Oleh dr Intan Airlina Febiliawanti

 

Tahukah Anda bahwa orang dewasa juga memerlukan imunisasi? Ya, tidak hanya anak-anak yang memerlukan imunisasi. Tak banyak yang tahu bahwa orang dewasa pun sebaiknya diberikan imunisasi. Selain berfungsi sebagai salah satu pencegah penyakit yang paling sukses dan efektif, imunisasi juga terbukti menurunkan angka kesakitan dan kematian masyarakat pada umumnya.

 

Kebijakan imunisasi di Indonesia masih mengutamakan bayi dan anak-anak sehingga membuat peran imunisasi dewasa terabaikan. Selain itu, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat menyebabkan minimnya pengetahuan masyarakat mengenai imunisasi dewasa. Untuk itu, sejak tahun 2003 Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) telah menghasilkan konsensus imunisasi dewasa sehingga diharapkan terjadi peningkatan kesehatan dari hasil sosialisasi imunisasi dewasa.

 

Tujuan imunisasi adalah memberikan memori terhadap suatu patogen atau toksin sehingga bisa meningkatkan derajat imunitas dan memberikan proteksi imun. Diharapkan dengan imunisasi terbentuklah kekebalan terhadap penyakit tertentu, sehingga pada masa depan penyakit tersebut tidak ada lagi secara global.

 

American Society of Internal Medicine menyatakan, imunisasi pada orang dewasa bisa mencegah kematian seratus kali lipat dibandingkan pada anak. Namun sangat disayangkan bahwa pemberian imunisasi dewasa masih banyak mengalami kendala. Sebenarnya, mengapa orang dewasa tetap membutuhkan imunisasi? Hal ini disebabkan beberapa hal. Salah satunya karena pemberian imunisasi pada saat kecil tidak menjamin kekebalan seumur hidup.

 

Selain itu, menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), imunisasi membuat kita sehat dan sama pentingnya dengan diet dan olahraga dalam menjaga kesehatan, serta aman dan efektif. Dengan demikian, imunisasi bisa menjaga kesehatan sehingga biaya pemeliharaan kesehatan akan lebih murah dan produktivitas tetap terjaga.

 

Beberapa fakta pendukung pentingnya imunisasi dapat terlihat dari tingginya angka kematian akibat influenza hingga 360.000 dan 200.000 kasus rawat inap di Amerika Serikat. Selain itu, dua strain human papilloma virus (HPV) menyebabkan sekitar 70% kanker serviks, bahkan pada infeksi virus hepatitis B dan komplikasinya telah menyebabkan 5.000 kematian setiap tahun.

 

Sebenarnya imunisasi apa saja untuk orang dewasa? Beberapa di antaranya vaksin influenza, pneumokokus, hepatitis B, yellow fever, HPV. Selain itu, banyak vaksin sedang dikembangkan agar dapat bermanfaat bagi kesehatan bersama.

 

Karena itu, manfaatkanlah imunisasi bagi Anda orang dewasa sehingga Anda pun merasakan manfaat imunisasi bagi kesehatan Anda.