Semua Imunisasi Anak Penting, sudah Diteliti

 

Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia Sukman T. Putra menyatakan semua imunisasi untuk anak itu penting. "Semua imunisasi sudah diteliti," ujarnya ketika dihubungi Jumat (20/3).

 

Sukman yang juga dokter spesialis anak mengakui memang tak semua imunisasi bisa dibiayai pemerintah. "Hanya beberapa yang menjadi prioritas utama dan itu gratis," imbuhnya.

 

Namun bukan berarti imunisasi yang dilakukan secara individual tidak penting. Harga vaksin impor yang mahal diakuinya membuat imunisasi seperti HiB (Haemophilus Influenza type B) dan meningitis (radang selaput otak) tidak bebas ditemui di layanan kesehatan umum. Secara global di beberapa negara sudah banyak memberikan beraneka jenis imunisasi pada balita.

 

Namun ia menjamin imunisasi yang direkomendasikan Ikatan Dokter Anak Indonesia aman. "Sudah banyak kok yang dipublikasikan (jenis-jenis imunisasi)," tambahnya. Sukman mempunyai jadwal imunisasi berdasarkan imunologi anak. Aturannya direkomendasikan dari Ikatan Dokter Anak. "Jadi masyarakat tak perlu khawatir," pungkasnya.

 

Sumber: Tempo 20 Maret 2009